STRUKTUR PASAR
Struktur pasar adalah persaingan dan penentuan harga pasar yang dipengaruhi oleh karakter suatu pasar. Karakteristik dan pentingnya pasar tersebut di dalam perekonomian berhubungan dengan struktur pasar. Kondisi demikian dapat diidentifikasikan dengan mengacu pada batasan suatu produk memiliki perbedaan (diferensiasi), jumlah dan ukuran distribusi dan penjual dan pembeli di pasar tersebut (konsentrasi pasar).
JENIS JENIS STRUKTUR PASAR
- Pasar Persaingan Sempurna
- Pasar Monopoli
- Pasar Oligopoli
- Pasar Monipolistik
Pasar Persaingan Sempurna
Dimana setiap penjual maupun pembeli tidak dapat mempengaruhi keadaan di pasar, atau suatu industri yang di dalamnya terdapat banyak penjual dan pembeli.
CIRI-CIRI
- Perusahaan adalah price taker
- Setiap perusahaan mudah keluar masuk
- Menghasilkan barang serupa / Homogen
- Terdapat banyak perusahaan
- PERFECT KNOWLEDGE
Pasar Monopoli
Perusahaan penghasil barang yang tidak mempunyai barang pengganti yang sangat dekat (close substitute) atau pasar yang hanya terdapat satu perusahaan saja.
CIRI-CIRI
- Tidak memiliki barang pengganti
- hanya 1 perusahaan
- Tidak menentukan iklan
Laba
Zero Profit
Rugi
Pasar Oligopoli
Pasar Monopolistik
Suatu pasar di mana terdapat banyak produsen yang banyak menghasilkan produk berbeda corak (differentiated product).
CIRI-CIRI
- Terdapat banyak penjual
- Tidak bisa mempengaruhi harga
- Produk yang khas
- Sangat mudah memasuki pasar
- Iklan sangat di perlukan
Nama: Gustiawan Budi Pradana
NIM: 232010200106
Dosen: Tofan Tri Nugroho, S.,E.M.M.
Prodi: Manajemen
Fakultas: FBIS
Universitas: Umsida
Tidak ada komentar:
Posting Komentar