KESEIMBANGAN PASAR DAN KOEFISIEN
Keseimbangan pasar adalah keadaan di mana kuantitas suatu produk (atau jasa) yang diminta atau ditawarkan pada harga tertentu berada dalam jumlah yang seimbang.
Keseimbangan pasar akan terjadi apabila harga produk yang diminta konsumen dan harga yang ditawarkan produsen sama.
Ketika keseimbangan pasar tercapai, seluruh harga produk cenderung menjadi stabil. Fenomena ini disebut juga debgan keeimbangan harga.
Proses Bentuknya Keseimbangan Pasar
Beberapa proses yang terlewati untuk mencapai keseimbangan pasar adalah sebagai berikut.
1. Produsen Menyediakan Barang Sesuai Permintaan
Kegiatan ekonomi meliputi produsen, distributor, dan konsumen. Komponen kegiatan ekonomi tersebut harus “berhubungan ketiga” dan bekerja sama untuk menciptakan hubungan ekonomi yang baik.
Produsen membutuhkan distributor agar barang produksi sampai ke tangan konsumen. Di sisi lain, produsen juga mengambil keuntungan dari konsumen untuk melanjutkan produksinya.
Dalam hal ini, tugas produsen adalah menyediakan produk sesuai dengan permintaan konsumen. Karena jika barang ditawarkan secara berlebihan, sedangkan tingkat beli atau minat pembeli menurun, maka akan menimbulkan ketidakseimbangan di pasar.
Bahkan hal tersebut dapat mempengaruhi harga pasar. Sehingga untuk menciptakan keseimbangan pasar perlu dilakukan penawaran barang sesuai dengan permintaan pembeli.
2. Keseimbangan mencukupi dan Tingkat Ketersediaan
Umumnya, konsumen mendorong produsen untuk memastikan persediaan produk cukup untuk beberapa waktu.
Jika harga sesuai dengan permintaan pasar, berarti keseimbangan pasar telah tercapai. Oleh karena itu, harga produk biasanya disesuaikan dengan stok yang tersedia.
Sebagai contoh ketika terjadinya pandemi Covid-19 di seluruh dunia. Jika persediaan masker kekurangan, maka harga produk akan naik.
Sebaliknya, jika jumlah masker lebih banyak dari permintaankele, kemungkinan besar harga produk akan perlahan turun.
Permintaan pembeli atas barang di pasar memaksa penjual untuk memastikan bahwa stok barang yang akan dijual terus tersedia selama jangka waktu tertentu.
Penjual tidak akan menambah jumlah produk yang tersedia sampai produk yang habis terjual.
Beberapa fungsi pentingnya mencapai keseimbangan pasar adalah sebagai berikut.
. Fungsi Pendaftaran
Fungsi permintaan adalah hubungan antara jumlah permintaan suatu barang dan faktor-faktor yang mempengaruhinya.
Proses fungsi ini didasarkan pada hukum permintaan yang menyatakan bahwa ketika harga suatu barang naik, maka permintaannya turun dan sebaliknya.
Hubungan antara harga dan jumlah barang dalam fungsi permintaan berbanding terbalik. Jika harga produk turun, permintaan meningkat dan sebaliknya. Itulah sebabnya grafik fungsi permintaan selalu negatif.
Kondisi sering muncul dalam industri di mana harga pasar lebih rendah dari harga keseimbangan.
Kondisi sering muncul dalam industri di mana harga pasar lebih rendah dari harga keseimbangan.
Hal ini dapat menimbulkan kelebihan permintaan yang memicu persaingan antar pembeli untuk memperoleh barang tersebut.
Kendati demikian, situasi ini juga dapat meningkatkan jumlah permintaan dan penawaran hingga mencapai keseimbangan pasar.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar